Cara Mengedit Garis atau Obyek dalam Corel Draw - bloggerku

bloggerku

AYU MONIKA AICOM XVI


Post Top Ad

Responsive Ads Here

Cara Mengedit Garis atau Obyek dalam Corel Draw

Share This
Obyek ataupun garis yang ada dalam Corel Draw itu bisa diedit sesuai dengan keinginan anda. Jadi Baiklah mari langsung saya bahas bagaimana Cara Mengedit Garis atau Obyek dalam Corel Draw.
Lihatlah ilustrasi gambar di samping, obyek dan garis yang sederhana bisa dirubah menjadi obyek atau gambar yang bagus.

Video Cara Mengedit Garis atau Obyek dalam Corel Draw

Anda bisa melihat langkah – langkahnya di video yang telah kami siapkan atau membaca tutorial yang telah kami tulis di bawah video ini:
[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=FOECV_u2Mqg[/embedyt]
Silahkan Subscribe dengan cara klik youtube diatas jika anda suka dengan apa yang kami sajikan kepada anda.

A. Cara Mengedit Garis

Pengeditan garis atau obyek itu ada 3 cara, yaitu dengan meng-klik ikon Shape Tool Shape Tool dan memindahkan titik/ node yang ada di garis, atau dengan memindahkan panah (tanda panah ini muncul ketika titik telah dipilih, dan jika panah tidak muncul maka kliklah ikon make node a cust Make Node Cust), dan yang terakhir yaitu dengan memindahkan garis itu sendiri.
edit garis1. Buatlah Kotak seperti terlihat di gambar 1. Kotak yang tidak tertutup tidak bisa diwarna. jadi untuk membuat obyek bisa diwarna harus tertutup (Tidak pertama gabung dengan titik yang terakhir).
Tambahlah 2 titik di tengah atas dan bawah.
NB: Cara menambahkan titik di garis adalah dengan cara dobel klik garis tersebut, dan cara menghapus titik yang sudah ada adalah dengan men-dobel klik titik yang akan dihapus.
2. Pilihlah semua titik dan klik make node a cust Make Node Cust, kemudian klik di luar gambar untuk memastikan tidak ada titik yang terpilih. Setelah itu Kliklah titik atas tengah kemudian editlah seperti tampak pada gambar
Pengeditan bisa dengan cara klik titik yang akan diedit, kemudian muncul 2 panah, nah pindahkan panah tersebut untuk membentuk bentuk sesuai dengan gambar 2.
Klik 2 titik yang saya kasih tanda lingkaran merah kemudian pencet delete (keyboard).
Selanjutnya Klik titik yang bawah dan samping untuk mengedit panahnya. Jadikan seperti contoh.
3. Buatlah 3 titik baru seperti pada gambar (saya beri tanda lingkaran merah). Kemudian editlah seperti tampak pada hasil akhir di gambar 3.

B. Cara mengedit Obyek, Baik itu kotak, lingkaran atau yang lain.

Sebenarnya pengeditan titik dan obyek seperti kotak, lingkaran, dll itu sama dengan pengeditan garis. Perbedaanya adalah kalau pengeditan selain garis maka obyek tersebut agar bisa diedit harus di conver menjadi garis dulu dengan cara klik Convert Line to Curve Convert to Curves.
Setelah proses ini maka selanjutnya sama persis dengan pengeditan garis, yaitu mengedit dengan menggunakan Shape Tool Shape Tool dan memindahkan titik/ node yang ada di garis, atau dengan memindahkan panah (tanda panah ini muncul ketika titik telah dipilih, dan jika panah tidak muncul maka kliklah ikon make node a cust Make Node Cust), dan yang terakhir yaitu dengan memindahkan garis itu sendiri.

sumber: https://tutorialcorel.com/cara-mengedit-garis-atau-obyek-dalam-corel-draw/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages